Tips Belanja Hemat untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tentunya memiliki tanggung jawab yang cukup besar terutama dalam mengelola keuangan keluarga. Seorang ibu harus pandai dalam mengatur keuangan terutama yang berhubungan dengan setiap anggota keluarga. Jika penghasilan setiap bulannya tetap, maka Anda harus pandai dalam mengatur pengeluaran. Belanja hemat dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghemat uang belanja bulanan.

Tips Belanja Hemat

Jika Anda salah satu ibu rumah tangga yang ingin menghemat keuangan keluarga, maka berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghemat uang belanja sebagai ibu rumah tangga dengan cermat:

  1. Menggunakan sistem amplop

Walaupun metode yang satu ini terlihat klasik, akan tetapi metode yang satu ini cukup efektif sebagai cara menghemat uang belanja bulanan anda. Anda cukup menyiapkan sebanyak 31 amplop kosong untuk memulai sistem amplop ini. Anda dapat menuliskan angka 1-31 (sesuai dengan jumlah hari dalam satu bulan). Selanjutnya Anda dapat memasukan uang ke setiap amplop sesuai dengan kebutuhan Anda di hari tersebut seperti uang saku anak, uang bensin, bayar listrik, bayar air, uang gas, serta dana darurat. Sisa uang bulanan dapat Anda tabung untuk kebutuhan darurat di bulan selanjutnya.

  1. Beli sesuatu yang dibutuhkan

Jika anda kerap jalan-jalan ke mall ataupun ke toko swalayan, tentu anda akan memiliki hasrat belanja lebih tinggi. Jika terpampang produk diskon ataupun promo, tentu akan semakin meningkat keinginan untuk membeli barang tersebut meskipun Anda tidak membutuhkan barang tersebut. Anda harus menahan diri untuk tidak membeli barang atau produk yang tidak anda butuhkan di masa itu.

  1. Simpan bahan makanan dengan baik

Bahan-bahan makanan yang umumnya tahan lama akan cepat rusak jika disimpan di tempat yang salah. Anda harus menyimpan bahan makanan dalam kondisi rapat, seperti gula, garam, kecap, dan lain sebagainya. Untuk bahan makanan yang mudah layu seperti sayuran, Anda dapat menyimpannya di lemari pendingin untuk menjaga bahan makanan tetap segar.

  1. Membuat rencana belanja

Sebelum Anda pergi belanja ke pasar ataupun swalayan, sebaiknya anda tulis terlebih dahulu apa saja yang akan Anda beli. Utamakan untuk menuliskan sesuatu yang Anda butuhkan. Rencana belanja dinilai sangat penting untuk menghemat uang bulanan Anda. Jika Anda tidak melakukan hal yang satu ini, maka Anda akan tergoda untuk melihat bahan atau produk lain yang justru tidak anda butuhkan.

  1. Menyimpan nota belanja

Jika saat Anda belanja memperoleh nota belanja, maka sebaiknya Anda simpan nota tersebut. Ini berfungsi untuk membandingkan harga produk pada bulan sebelumnya atau bulan selanjutnya. Selain itu ini berfungsi untuk membandingkan harga produk dari beberapa toko.

  1. Membandingkan harga produk

Anda dapat melihat beberapa produk yang serupa kemudian memperhatikan isi dan harga dari produk tersebut. Jangan terpaku dengan harga yang murah karena harga murah bukan sebagai patokan ketika Anda memilih sebuah produk. Jika Anda memilih bahan makanan, maka sebagai seorang ibu Anda harus memastikan bahwa bahan makanan tersebut sehat untuk keluarga. Meskipun Anda harus menghemat uang belanja secara rutin, akan tetapi Anda juga tidak boleh menyampikan kesehatan keluarga. Anda dapat melihat review bahan makanan atau produk apa saja yang memiliki kualitas baik akan tetapi harga yang murah.

  1. Kurangi penggunaan kartu kredit

Meskipun Anda memiliki pemasukan yang besar, akan tetapi Anda harus memperhatikan pengeluaran Anda termasuk yang menggunakan kartu kredit. Jika Anda sembarangan dalam menggunakan kartu kredit, maka Anda akan menanggung berat pengeluaran di akhir bulan. Tentu akan percuma jika Anda melakukan tips belanja hemat akan tetapi Anda menggunakan kartu kredit terlalu berlebihan.

Demikian di atas merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat uang bulanan secara efektif. Tips irit ibu rumah tangga di atas dapat Anda terapkan untuk tetap menjaga keuangan keluarga agar tetap stabil. Meskipun Anda ingin berhemat, akan tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda tetap menjaga kesehatan keluarga dengan menggunakan produk yang menyehatkan.