4 Cara Mudah Atur Gaji Bulanan yang Kecil

Beberapa orang yang dari SMA, kuliah dan kerja di luar kota pasti sudah paham tentang bagaimana cara dalam menghemat pengeluaran dalam setiap harinya. Namun bagaimana jika seseorang baru menjadi anak kos setelah bekerja? Tentu awalnya akan terasa sulit karena pengeluaran akan  sangat banyak. Baik itu untuk membayar kos, untuk membeli makan, untuk membeli make up, dan untuk pengeluaran-pengeluaran lain yang tidak terduga. Jadi sekarang Anda harus mengetahui bagaimana rahasia dalam menghemat gaji.

Trik Agar Akhir Bulan Masih Memiliki Uang Lebih

Akhir bulan akan jadi sebuah akhir dari anak-anak kos. Pasalnya di pertengahan bulan saja kebanyakan anak kos akan menjerit karena melihat dompet, ternyata sudah tidak ada isinya. Sehingga mereka pun memilih untuk mengonsumsi mie setiap hari agar tidak mengeluarkan uang. Padahal itu hanya memperburuk keadaan, bagaimana jika akhirnya sakit? Pengeluaran pasti akan semakin banyak. Untuk itu jalankan saja beberapa trik berikut, sehingga akhir bulan pun tidak akan menjadi moment mengerikan bagi Anda!

  • Menghemat uang makan

Dalam sehari Anda harus tetap makan sebanyak 3x, terutama bagi yang kesibukannya padat. Jangan biarkan tubuh Anda sakit karena itu hanya akan membuat hari-hari tidak produktif. Namun di sini meskipun harus makan 3x sehari, Anda tetap dapat melakukan penghematan dengan sebaik mungkin. Caranya, cobalah untuk memasak nasi sendiri, kemudian belilah sayur di pagi hari dengan jumlah lumayan banyak. Biasanya beli sayur 5 ribu saja sudah dapat banyak, dan itu dapat Anda gunakan untuk makan 3x. Jadi dalam sehari, uang makan Anda hanya berkisar 5 ribu saja.

  • Jangan tergiur untuk jajan boros

Melihat teman-teman Anda yang terlalu sering jajan mungkin akan menggiurkan. Namun ingatlah, Anda merupakan anak kos yang harus mengalokasikan uang gaji dengan baik. Jadi jangan terlalu sering jajan, tekanlah keinginan Anda tersebut. Pasalnya jajan tak membuat perut kenyang, dalam beberapa jam ke depan pasti akan merasa lapar lagi.

  • Jangan terlalu sering main

Anak kos memang sering merasakan kesepian karena menempati lokasi baru dan teman-teman pun baru semua. Namun jangan lampiaskan kesepian tersebut hanya untuk main dan main. Ingatlah ketika main pasti akan mengeluarkan banyak uang alias pemborosan. Untuk itu jika memang ingin main, ketika weekend saja atau 2 kali sebulan. Dengan begitu uang pun akan lebih hemat.

  • Gunakan gaji untuk keperluan penting

Setiap pria dan wanita memiliki keperluan yang dianggap penting. Bagi pria mungkin elektronik adalah hal penting, namun bagi wanita tentu berbeda. Wanita akan lebih tertarik ketika melihat kosmetik baru dan juga koleksi baju-baju cantik. Mulai sekarang berhentilah dalam melakukan kebiasaan buruk tersebut. Pikirkan kembali apakah barang yang akan dibeli itu memang diperlukan sekali atau tidak.

Faktor Penyebab Terjadinya Pemborosan Uang Gaji

Meski telah kami share tentang tips dalam menghemat uang gaji seperti yang dapat Anda baca di atas, namun ternyata ada pemborosan lain yang dapat membuat uang gaji terkuras. Pertama adalah harga sewa kos-kosan. Jika memang uang gaji Anda ingin tersisa lebih, cobalah untuk memilih kos dengan harga murah. Namun meski demikian tetap perhatikan kembali bagaimana lingkungannya. Pastikan lingkungannya bersih dan yang terpenting adalah aman.

Selain itu, uang transport juga sering menjadi hal yang dapat menyebabkan uang gaji cepat habis. Untuk itu pilih kos yang dekat dengan  kantor. Dengan begitu Anda masih dapat menjangkaunya dengan kendaraan pribadi dan tak menghabiskan banyak bensin. Kemudian jika ingin menggunakan kendaraan umum, ketika lokasi kos dan kantor itu dekat, uang transport tidak terlalu mahal.